Jenis Makanan untuk Anak, Zat Gizi yang Dikandungnya, dan Manfaatnya (I)

makanan sehat untuk anak
makanan sehat untuk anak

Tepung beras: Kandungan karbohidrat di dalam tepung beras dapat mempertahankan kestabilan gula darah. Selain itu dapat meningkatkan daya konsentrasi anak.

Jagung: Kandungan magnesium dalam jagung berguna untuk pertumbuhan tulang dan membangun otot.

Tepung hunkwe: merupakan sumber protein nabati dan karbohidrat. Selain itu kaya akan fosfor dan kalsium, zat-zat ini penting untuk proses pertumbuhan dan pembentukan  tulang dan gigi pada anak.

Kacang hijau: mengandung vitamin B kompleks, zat besi, dan magnesium. Semuanya itu sangat penting untuk meningkatkan fungsi otak, kesehatan system saraf, dan daya ingat.

Kacang kedelai: didalam setiap 100 gram kedelai, terkandung 30-35 gram protein. Susunan protein dalam kedelai sangat istimewa dan lengkap karena mengandung delapan macam asam amino esensial yang diperlukan untuk proses tumbuh kembang bayi.

Brokoli: kaya akan mineral, kalsium, dan vitamin A. Zat-zat ini berperan sebagai anti oksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu fitonutrien dalam brokoli seperti klorofil dan flavonoid mampu mempercepat proses penyembuhan setelah tubuh mengalami sakit berat.

Kentang: merupakan sumber energy dan karbohidrat yang baik bagi bayi. Karbohidrat dibutuhkan sebagai sumber energy, pembentukan sel darah merah dan saraf pusat.

Wortel: mengandung anti oksidan yang dapat melindungi otak dalam bentuk karotenoid dan vitamin C. selain itu juga baik bagi kesehatan mata anak.

Labu Kuning: kandungan vitamin A, kalsium dan fosfos pada labu kuning sangat tinggi, berkhasiat untuk menyembuhkan radang, meningkatkan system kekebalan tubuh dan juga kesehatan mata.

Pisang: merupakan sumber mineral potasium yang berperan penting dalam fungsi sel saraf.

Ubi jalar merah: selain sebagai sumber karbohidrat, ubu jalar merah juga mengandung anti oksidan, betakaroten, likopen, dan vitamin C. Zat-zat ini membantu meningkatkan kesiagaan mental dan daya ingat dengan cara melindungi sel-sel saraf di dalam otak.

Bit: umbi bit rasanya manis, segar, dan biasanya digunakan untuk salad. Bit mengandung fitonutrien caumarin yang berkhasiat sebagai anti tumor, antioksidan, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Tomat: salah satu zat gizi yang banyak terdapat dalam tomat adalah selenium. Bersama asupan vitamin E dalam jumlah cukup. Selenium bekerja memperlambat laju perusakan sel tubuh oleh senyawa-senyawa radikal bebas. Khasiat mengonsumsi tomat yaitu mengobati flu dan gusi berdarah selain itu minum jus tomat satu jam sebelu makan dapat meningkatkan nafsu makan anak.

Kacang merah: selain tinggi protein nabati, kacang merah juga kaya akan kalsium dan fosfor. Zat-zat gisi ini berperan penting dalam membantu pertumbuhan tulang dan gigi anak.

Havermut: merupakan sumber karbohidrat kompleks. karbohidrat kompleks membantu meningkatkan jumlah serotonin, yaitu senyawa kimia yang dapat menenangkan otak. Makakanan ini baik diberikan pada anak yang sangat aktif dan sulit tidur. Selain itu havermut juga mengandung serat yang tinggi, baik untuk memperlancar pencernaan.

Dari berbagai sumber

About these ads
This entry was posted in balita (3-5 th), batita (1-3 th), bayi (0-12bulan) and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s